Sabtu, 14 Oktober 2017

Manusia Terbaik Menurut Islam (Dalil2)

1. Orang beriman dan beramal shalih
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah Sebaik-baik makhluk. (QS. Al Bayyinah: 7)

2. Manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya
Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. (HR. Ath Thabarani, Al Mu’jam Al Awsath No. 5787. Al Qudha’i, Musnad Syihab No. 129. Dihasankan Syaikh Al Albani. Lihat Shahihul Jami’ No. 6662)

3. Paling Bagus Akhlaknya
Sesungguhnya  yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya. (HR. Bukhari No. 3559, dari Ibnu Umar, Muslim No. 2321, dari Ibnu Amr. Ini lafaz Bukhari).
Akmalul mu’minina imanuhum ahsanuhum khuluqa” , Sebaik-baik keimanan orang mukmin ialah yang paling baik akhlaknya. (HR. At Tirmidzi, dari Abu Hurairah Ra)

4. Manusia yang tidak suka mengusik dan menyakiti saudaranya
Mereka bertanya: Wahai Rasulullah, Islam apakah yang paling utama? Beliau bersabda: “Yaitu orang yang muslim lainnya aman dari lisan dan tangannya.” (HR. Bukhari No. 11, Muslim No. 42, dari Abu Musa Al Asy’ari)

5. Orang Yang Ditimpa ujian (penyakit, miskin, musibah) tapi Bersabar dan Taat
Sesungguhnya Kami dapati Dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dialah Sebaik-baik hamba. Sesungguhnya Dia Amat taat (kepada Tuhan-nya). (QS. Shad: 44)

6. Orang kaya tapi taat kepada Allah Ta’ala
Dan Kami karuniakan kepada Daud, Sulaiman, Dia adalah sebaik- baik hamba. Sesungguhnya Dia Amat taat (kepada Tuhannya). (QS. Shad: 30)

7. Manusia yang paling  tenang, khusyu, dan tuma’ninah  ketika shalat
Sebaik-baiknya kamu adalah yang paling lentur bahunya ketika shalat. (HR. Abu Daud No. 672. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani. Lihat Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 672).  Ket: Maksud hadits ini adalah mereka yang shalatnya tenang, tuma’ninah, khusyu, dan tidak mengganggu  bahu saudaranya.

8. Suami yang terbaik sikapnya terhadap istrinya
Sebaik-baik kamu adalah yang terbaik terhadap istrinya, dan aku yang terbaik terhadap istriku. (HR. At Tirmidzi No. 3895)

9. Mempelajari Al Quran dan Mengajarkannya
Sebaik-baiknya kalian adalah yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya. (HR. Bukhari No. 5027, dari Utsman)

10. Gigih dalam amar ma’ruf, nahi munkar & bersilaturahmi
Sahabat Durrah binti Abi Lahab radhiyallaahu ‘anha berkata: “Seorang laki-laki berdiri ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang di atas Mimbar, lalu berkata: “Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling baik?” Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang paling mengerti terhadap isi al-Qur’an, paling bertakwa, paling gigih dalam amar ma’ruf, paling gigih dalam nahi munkar, dan paling semangat dalam bersilaturrahmi.”  (HR Ahmad [27434], al-Thabarani dalam al-Kabir dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban).

11. Paling konsisten terhadap kewajiban
Sesungguhnya yang terbaik di antara kamu adalah yang paling bagus qadha-nya. (HR. Bukhari No. 2305, Muslim No. 1601, dari Abu Hurairah)
Maksud “qadha” adalah yang  paling konsisten menepati kebenaran yang wajibkan kepadanya. (Ta’liq Mushthafa Al Bugha, 2/809)

12. Manusia yang panjang umur dan amalnya semakin baik
Maukah aku tunjukkan manusia terbaik di antara kalian? Mereka menjawab: “Ya, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda: “Manusia terbaik di antara kamu adalah yang paling panjang usianya dan semakin baik amalnya.” (HR. Ahmad No. 7212, dari Abu Hurairah. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan: shahih lighairih. Al Hakim, Al Mustadrak No. 1255, katanya: shahih sesuai syarat Syaikhan (Bukhari-Muslim))

13. Terbaik pada masa jahiliyah dan Islam
Sebaik-baiknya kalian pada masa jahiliyah adalah yang terbaik di antara kalian pada masa Islam, jika mereka paham agama. (HR. Bukhari No. 3384, dari Abu Hurairah)

14. Para sahabat nabi dan orang yang mengikuti jejak mereka
Kalian adalah umat yang terbaik dikeluarkan untuk manusia, memerintahkan yang ma’ruf, mencegah yang munkar, dan beriman kepada Allah. (QS. Ali ‘Imran: 110)

Sebaik-baiknya manusia adalah zamanku, kemudian setelahnya, kemudian setelahnya. (HR. Bukhari No. 2652)



SEBELAS GOLONGAN MANUSIA TERBAIK MENURUT RASULULLAH
1. Sebaik-baik manusia diantaramu ialah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya kepada orang lain.
2. Sebaik-baik manusia diantaramu ialah yang terbaik akhlaknya.
3. Sebaik-baik manusia diantaramu ialah yang terbaik pembayaran hutangnya.
4. Sebaik-baik manusia diantaramu ialah yang diharapkan kebaikannya dan selamat daripada kejahatannya.
5. Sebaik-baik manusia diantaramu ialah yang terbaik terhadap isterinya.
6. Sebaik-baik manusia diantaramu ialah yang suka memberi makan dan menjawab salam.
7. Sebaik-baik manusia diantaramu ialah yang lemah lembut bahunya dalam sholat (dalam saf sholat dengan memberi ruang kepada saudaranya).
8. Sebaik-baik manusia diantaramu ialah yang panjang umurnya dan baik amalannya.
9. Sebaik-baik manusia diantaramu ialah yang paling memberi kemanfaatan kepada orang lain.
10. Sebaik-baik sahabat di sisi Allah ialah yang terbaik terhadap sahabatnya, sebaik-baik bertetangga ialah yang terbaik terhadap tetangganya.
11. Sebaik-baik manusia ialah yang memiliki hati yang sejahtera (suci, taqwa, jauh dari dosa, jauh dari dendam, jauh dari dengki) dan lidah yang benar.


Semoga Allah menjadikan kita semua menjadi sebaik-baik manusia. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar