Kamis, 01 Maret 2018

Acarbose, Obat Diabetes

Acarbose merupakan kelompok obat antidiabetes terutama diabetes tipe 2, yang berfungsi mengontrol kadar gula darah dengan cara memperlambat proses pencernaan karbohidrat menjadi senyawa gula yang lebih sederhana. 

Obat ini membantu menurunkan kadar gula dalam darah setelah makan. Selain mengubah pola konsumsi makanan serta program olah gerak tubuh, para pengidap diabetes biasanya juga diberikan acarbose sebagai obat tambahan.

Untuk mengendalikan diabetes, acarbose bisa dikonsumsi bersama dengan obat lainnya seperti insulin, metformin, sulfonilurea. Jika kadar gula darah dapat terkontrol, maka penderita diabetes bisa terhindar dari kerusakan ginjal, stroke, kebutaan, kerusakan saraf, serangan jantung, kehilangan keseimbangan serta disfungsi seksual. 

Obat ini tidak diperuntukkan bagi penderita diabetes yang berusia 18 tahun ke bawah, dan harus dikonsumsi sesuai dengan resep dokter.

Dosis Acarbose

Umumnya, konsumsi acarbose pada masa awal pengobatan adalah 50 - 150 mg per hari. Jika tubuh penderita merespon pengobatan dengan baik, maka dalam rentang waktu minimal enam hingga delapan minggu dosis ditingkatkan menjadi 150 mg per hari. 
Untuk mendapatkan efek pengobatan maksimal, acarbose harus dikonsumsi secara teratur dan disesuaikan dengan pola konsumsi makanan penderita diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar