Senin, 18 Juni 2018

Pendapat Resmi Ulama Dunia tentang Syiah


Ratusan ulama dari 50 negara berkumpul di amman mengeluarkan sebuah ijma' ulama yg dikenal dgn "risalah amman" (2005). isinya adalah mengakui dua aliran mazhab Syiah (Jafariyah dan Zaidiyah) sebagai mazhab islam. (msh banyak yg tidak tau adanya ijma ulama ini).

Ijma ulama inillah yg dipegang teguh oleh ulama MUI pusat, Muhamadyah, NU, Habib Rizieq (FPI), dll dalam meyikapi syiah.  itulah sebabnya mereka tidak pernah mengkafirkan syiah hingga hari ini.(note: ijma ulama adalah sumber hukum islam setelah alquran dan hadis).

Memang ada segilintir ulama dan segelintir org yg bilang bilang syiah bukan islam tp jumlah mereka tidak signifikan. Diantaranya adalah MUI sampang, Madura.

Syiah terbagi atas ratusan aliran/sekte, ajarannya pun berbeda2. Mulai dari yg ajarannya paling dekat ke Sunni sampai yg ajarannya paling nyeleneh. Ada pula aliran yg mengaku Syiah tp tdk diakui oleh syiah yg lainnya. Mereka juga banyak yg saling mengkafirkan. 

Bagi org yg ingin mengadu domba umat islam dan yg ingin menyebar kebencian agar org sunni membenci syiah, ajaran2 dari syiah yg nyeleneh inilah yg lbh banyak diangkat dan di blow up dimana2, sehigga yg suka menerima informasi dari sebelah pihak saja tanpa tabayun (melakukan check n recheck/klarifikasi) akan mudah termakan hasutan.

Syiah jafaryah adalah aliran syiah terbesar. Aliran jafaryah juga punya banyak cabang, salah satunya adalah "syiah 12 imam" (itna asyariah) yg merupakan aliran mayoritas di Iran sekaligus di dunia.

Dari informasi yang ane peroleh (sudah di check n recheck), nama Jafaryah diambil dari nama salah satu keturunan rasul Jafar ash Shadiq yg merupakan cicit dari Husain bin ali (cucu rasul). Jafar ash shadiq ini adalah khalifah ke-6 dari "syiah 12 imam".
Untuk diketahui bahwa syiah mempunyai khalifah sendiri dan tidak mengakui khalifah Abu Bakar, Umar bin Khatab dst. Mereka berpendirian jabatan khalifah setelah rasul meninggal mutlak harus djabat oleh ahlul bait (keluarga rasul) dan keturunannya. Jadi khalifah "syiah 12 iman" seluruhnya adalah keluarga dan keturunan rasulullah (dari jalur Husain). Berbeda dgn khalifah sunni yg dipilih dari para sahabat.

12 orang kalifah pertama oleh mereka disebut sebagai imam maksum (suci). Dari 12 orang ahlul bait maksum inilah semua Hadis, semua ijtihad, dan seluruh ajaran mereka bersumber sehingga aliran ini disebut jg sebagai syiah 12 imam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar