Senin, 10 September 2018

Bersyukur; Akapela


Dalam sebuah acara pesta (syukuran) di sebuah gedung di kota Bandung, ditampilkan hiburan musik yang dibawakan oleh grup musik Akapela (acapella).  Akapela adalah seni musik yang dinyanyikan hanya dengan menggunakan vokal (mulut), tanpa menggunakan iringan alat atau instrument musik.  Suara alat-alat musik seperti gitar, drum, perkusi dan sebagainya ditiru oleh suara mulut personel grup musik.
Beberapa personel grup akapela ini adalah penyandang cacat tubuh (disabilitas), salah satunya adalah sang vokalis utama yang tunanetra (buta mata).  Saat grup musik ini mengawali penampilannya beberapa detik, tiba-tiba lampu listrik padam, sound systemnya pun tidak berfungsi, dan suasana menjadi gelap gulita.
Peristiwa padamnya listrik itu berlangsung cukup lama.  Hingga beberapa menit berlalu lampu penerangan tak kunjung menyala.  Dan hadirin mulai resah, kemudian suasana menjadi gaduh, beberapa orang cenderung panik dan protes.
Namun tak lama kemudian lampu penerangan menyala kembali, sehingga suasana menjadi normal   dan acarapun berlanjut. Melalui sound system sang vokalis yang tunanetra itu melontarkan pertanyaan kepada para hadirin:
“Bapak ibu sekalian, bagaimana rasanya hidup dalam gelap gulita?.  Tentu tidak menyenangkan bukan?  Bapak ibu barusan mengalami suasana gelap gulita selama beberapa menit, dan nampaknya bapak ibu begitu resah bahkan ada yang panik.  Kegelapan yang bapak ibu alami itu hanya beberapa menit. Padahal saya mengalami kegelapan seperti itu bertahun tahun lamanya.  Sejak lahir ke dunia ini saya telah mengalami kegelapan.  Namun saya tidak pernah protes, dan saya masih bisa bersyukur. Pernahkah bapak ibu benar benar merasa bersyukur kepada Tuhan atas karunia mata yang bisa melihat dengan baik?”
Suasanapun menjadi hening. Kebanyakan hadirin tersentak dan baru tersadarkan oleh pertanyaan sang vokalis tunanetra.

*Alhamdulillah (Bersyukur)(
Lagu Opick

Bersujud kepada Allah
Bersyukur sepanjang waktu
Setiap nafasmu, seluruh hidupmu
Semoga diberkahi Allah

Bersabar taat pada Allah
Menjaga keikhlasannya
Semoga dirimu, semoga langkahmu
Diiringi oleh rahmatNya

Alhamdulillah wasyukurilah
Besyukur padamu ya Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar