Jumat, 25 Januari 2019

Sedekah Satu-satunya Cara Bersyukur Kepada Allah

Bersyukur memang sangat mudah diucapkan, tetapi tidak mudah dilaksanakan. Sampai-sampai Allah mengklaim, "Sangat sedikit sekali di antara hamba-Ku yang mau bersyukur". (QS. Saba' ayat 13).
Pada ayat yang lain Allah Swt berfirman: "Sesungguhnya Allah sentiasa melimpahkan kurnia-Nya kepada (seluruh) manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur." (Al-Baqarah ayat 243), dan "Sesungguhnya manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari nikmat Allah" (QS. Ibrahim ayat 7).
Padahal bagi orang yang enggan bersyukur, Allah Ta'ala mengancam, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim ayat 7).
Imam Al-Ghazali mengajarkan kepada kita, cara membuktikan rasa syukur adalah dengan suatu perbuatan, yaitu bersedekah. Ada empat macam wujud syukur dalam bersedekah, yaitu (1) sedekah harta, (2) sedekah ilmu, (3) sedekah tenaga, dan (4) berdo'a (mohon ampunan bila tak mampu bersedekah dengan tiga cara tadi).
Aturan main dalam bersedekah adalah … dst.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar