Selasa, 24 November 2020

Testing Percobaan

Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog (Sumber:  Merriam Webster)Dari sumber lain, blog didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain.

Blog adalah salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis (dari konten terbaru ke konten terlama).

Saat ini blog memiliki tampilan dan tatanan yang sangat beragam tergantung fungsi pada blog itu sendiri. Mulai dari blog yang memiliki beberapa sidebar, hingga blog yang hanya memiliki satu kolom. Pada dasarnya blog memiliki struktur standar, berikut beberapa struktur standar pada sebuah blog

Cikal bakal blog dimulai pada tahun 1994 oleh Justin Hall yang membuat jurnal pribadi online dengan nama links.net. Tampilan blog Justin sangat sederhana, hanya laman dengan background warna putih polos yang diisi tulisan. Sampai sekarang pun Anda masih bisa mengakses blog Justin.

Berkat inisiatifnya membuat jurnal online berisi konten personal, pada tahun 2004 The New York Times Magazine menobatkan Justin Hall sebagai The Founding Father of Personal Blogger.

Walaupun begitu, inisiatif Justin Hall pada awalnya tidak disebut sebagai blog, tetapi sebagai “personal home page”. Justin memanfaatkan personal home page tersebut untuk menuliskan kehidupan pribadinya, dari kuliah, hubungan dengan ayahnya, hingga kehidupan asmaranya.

Baru pada tahun 1997, Jorn Barger memperkenalkan istilah weblog yang merupakan gabungan dari kata web dan log. Jorn Barger memutuskan untuk menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan aktivitas internetnya, yaitu “logging to the web” yang berarti mencatat di web dalam Bahasa Indonesia.

Selain memperkenalkan istilah weblog, Jorn Barger juga adalah orang pertama yang memperkenalkan konsep kronologi dalam weblognya sendiri, yaitu Robot Wisdom. Konsep kronologi ini memungkinkannya menempatkan postingan terbarunya di urutan teratas dalam weblog. Dengan begitu pengunjung bisa membaca postingan dari yang terbaru sampai postingan terlama.

Istilah weblog bertahan selama dua tahun, sampai Peter Merholz, seorang desainer website memperkenalkan istilah “blog” sebagai kependekan dari weblog. Di blog pribadinya, Peter Merholz menyatakan bahwa ia memang menyukai permainan kata dan ia tidak menyangka keputusannya untuk menyebut weblog sebagai blog akan berdampak besar hingga saat ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar