Selasa, 03 Januari 2017

Balasan Cerdik Gandhi

Dahulu, ketika Gandhi sedang belajar hukum di University College, London, ada seorang profesor yang bernama Peter, kurang menyukai Gandhi.

Suatu hari ketika Profesor itu sedang makan siang di kantin kampus, Gandhi datang dan duduk di sampingnya sambil membawa makan siangnya.

Profesor Peter berkata, "Gandhi, apakah Anda tidak mengerti bahwa seekor babi dengan seekor burung tidak bisa duduk berdampingan untuk makan ?"

Gandhi bagaikan orang tua yang menatap anaknya yang nakal, menjawab, "Jangan khawatir Prof. Saya akan segera terbang." Gandhi pun segera pergi ke meja lainnya. Muka Profesor itu memerah penuh kemarahan dan memutuskan untuk membalas dendam.

Pada hari berikutnya, ketika mengajar di dalam kelas, Profesor Peter sengaja mengajukan pertanyaan kepada Gandhi, "Gandhi, andai kamu sedang berjalan, tiba-tiba menemukan bungkusan berisi satu kantong penuh uang dan satu kantong penuh dengan kebijaksanaan. Mana yang akan kamu ambil?"

Tanpa ragu Gandhi menjawab, "Ya, uanglah."  Prof. Peter tersenyum sinis dan berkata, "Jika itu aku, maka aku akan mengambil kebijaksanaan."  Gandhi menjawab lagi, "Seseorang itu akan mengambil apa yang tidak ia punya."

Profesor itu seperti hilang akal, dan tidak bisa menjawab apa-apa lagi. Dengan penuh kemarahan ia menulis kata 'IDIOT' pada lembar jawaban ujian Gandhi dan memberikan kepada Gandhi. Gandhi mengambil dan duduk sambil berusaha keras tetap tenang.

Beberapa menit kemudian Gandhi berdiri dan menghampiri sang profesor seraya berkata dengan sangat sopan, "Prof. Peter, Anda hanya menandatangani lembar jawaban saya, tetapi belum memberi nilai."

MORAL STORY :

Bersikap tenang saat ada orang yang membenci kita, akan menghasilkan kebijakan dan respon yang cerdas. Semakin ia membenci kita semakin banyak kebodohan yang akan dibuatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar