Selasa, 24 Juli 2018

Orang Bernilai Lebih Berharga Ketimbang Sekedar Sukses


Sebenarnya apakah kesuksesan itu semata-mata sebagai tujuan hidup semua orang?. Kenyataannya demikianlah yang bisa kita saksikan, meskipun boleh jadi ukuran keberhasilan setiap orang berbeda-beda. Dan cara orang memaknai kesuksesan juga tidak selalu sama. 
Namun ada lebih penting dari sukses seperti ditegaskan Albert Einstein, ilmuwan besar abad modern, yakni apa yang disebutnya bernilai. Dengan kata lain, orang yang bernilai jauh lebih berharga daripada sekadar orang yang sukses. 
Einstein menasehati, “Cobalah tidak untuk menjadi seseorang yang sukses, tetapi menjadi seseorang yang bernilai” 
Orang bernilai dapat dikenali dengan bagaimana ia memberikan kebaikan dan kemanfaatan, bukan hanya untuk diri dan keluarganya sendiri, melainkan juga untuk orang-orang banyak. Orang bernilai mungkin memiliki tidak banyak, tetapi ia banyak memberi kepada orang lain. 
Di dalam perspektif agama Islam, orang yang paling baik di antara semua orang adalah yang paling baik akhlaknya dan paling bermanfaat bagi orang lain. 
Rasulullah SAW bersabda, Khoirunnas anfa'uhum linnas” , Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.  (HR. Ath Thabarani); dan “Sesungguhnya  yang terbaik di antara kalian adalah yang terbaik akhlaknya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar