Selasa, 03 Juli 2018

Muslim, Mukmin, Mukhsin, Mukhlis & Muttaqin

Dalam Islam, derajat  ketaqwaan di bagi menjadi 5, yaitu Muslim, Mukmin, Mukhsin, Mukhlis, Muttaqin.

1. MUSLIM
Muslim  adalah orang yang telah mengaku beragama Islam, dengan telah mengucapkan dua kalimat syahadat dan berjanji melaksanakan syariat Islam dengan baik, yaitu mendirikan sholat, melaksanakan puasa, membayar zakat dan melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu.

2. MUKMIN
Mukmin adalah orang Islam yang beriman), yaitu orang yang betul-betul beriman kepada Allah dengan segala konsekwensinya.
Seorang Muslim tidaklah cukup dengan pengakuan itu saja, tetapi harus diiringi dengan amal/perbuatan/tindakan yang diperintahkan oleh agamanya.
Dengan melaksanakan hal itu, seorang muslim meningkat derajatnya menjadi seorang Mukmin.
MUKMIN adalah orang mengatakan keimanan dengan lidah , diyakini dengan hati dan dikerjakan dengan perbuatan ( mengamalkan rukun Iman 6).
Dalam QS Al Anfal ayat 2-4 “Sesungguhnya orang Mukmin itu adalah apabila disebut nama Allah bergetar hatinya, apabila dibacakan ayat-ayat Allah bertambah keimanannya, dan mereka bertawakal kepada Allah. Dan mereka mendirikan sholat, serta menafkahkan sebagian rizqi yang Kami anugerahkan kepada mereka. Itulah orang yang sebenar-benarnya beriman, bagi mereka itu akan Kami angkat derajatnya, Kami ampuni dosa-dosanya, dan Kami berikan kepadanya rizqi yang mulia ”

3. MUKHSIN
Muhsin adalah orang mukmin yang mencapai tahap Ihsan, sebagai yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. didalam sebuag hadits yaitu : “Dia beribadah kepada Allah seakan akan melihat-Nya, tapi apabila dia tidak melihat-Nya, sesungguhnya Allah melihat dia.” 
Seorang Mukmin haruslah mengerjakan perbuatan kebajikan yang disebut ihsan, meliputi segala perbuatan yang baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain. Maka dari seorang Mukmin derajatnya meningkat lagi menjadi seorang Muhsin.
Orang yang masuk kategori ini adalah orang yang selalu berbuat baik (Mukhsin), yaitu orang yang dalam hidupnya selalu berbuat baik, berniat baik  tidak mau menyakiti hati orang lain, tutur katanya santun – bicaranya selalu dipikir dulu sebelum diucapkan, tidak pernah mau ingkar janji, selalu menebar kasih sesama mahluk Tuhan, dan sekali-kali jauh dari keburukan.

4. MUKHLIS
Mukhlis (ikhlas) adalah seorang muhsin yang mengerjakan segala amal ibadah dilakukan dengan ikhlas semata mengharapkan ridho atau cinta Allah SWT, bukan karena  …

5. MUTTAQIN
Muttaqin merupakan tingkat keimanan paling tinggi di sisi Allah, dimana manusia telah menjadi insan kamil – orang yang disayang Allah baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat. Tidak semua orang mampu meraih derajat yang mulia ini. Hanya hamba-hamba Allah tertentu saja yang bisa mencapai derajat mulia ini.

Di dalam Al-Qur’an banyak sekali ayat ayat yang menjelaskan sifat orang bertaqwa, antara lain Surat:  Al-Baqoroh (2) : 2,3,4 , 5, 177, 183 ; Al-Imron (3) : 133, 134, 135 dan 135 dll.

1 komentar:

  1. terimakasih atas pemaparan yg singkat ini. tetapi sudah bisa untuk dipahami. semoga kedepannya untuk lebih ditail dalam pemaparan.segala sesuatunya.terimakasih

    BalasHapus