Tampaknya, momentum Idul Qurban sampai saat ini masih menuntut
kita untuk benar-benar berkorban. Artinya, berkorban bukan lagi sekadar
memenuhi panggilan syari’at, tetapi karena kondisi nyata ummat yang masih dihadapkan
pada situasi yang memprihatinkan, maka perlu direnungkan kembali, bahkan harus
dicari makna dan nilai-nilai qurban yang haqiqi.
Dalam perspektif syari’at (fiqh), qurban memiliki makna ritual, yakni menyembelih hewan ternak yang telah memenuhi kriteria
tertentu dan pada waktu tertentu, yaitu pada hari nahar (tanggal
10 Dzulhijah) dan hari tasyrik (tanggal 11-13 Dzulhijah).
Menurut ulama ahli fiqh, ibadah qurban harus dengan hewan qurban, seperti
kambing, sapi atau unta, dan tidak boleh diganti dengan lainnya, seperti uang
atau beras. Meski demikian, mereka sepakat bahwa hukum berqurban hanyalah sunnat alias tidak
wajib.
Dari pemahaman syari’ati (fiqhiyah) tersebut terkesan bahwa
ibadah qurban hanya merupakan ekspresi sikap determinan ubudiyah yang dianjurkan
bagi setiap muslim yang memiliki kemampuan materi. Qurban terkesan hanya
rutininitas ibadah tahunan. Bahkan terkesan pula sekedar acara pesta pora
daging yang dibungkus ritualistik dan rutinitas ubudiyah belaka.
Pemaknaan dan pemahaman yang cenderung literalis-dogmatis ini
akan membuat
teks qurban menjadi kedaluwarsa dan kenyataannya kurang memberi motivasi kuat
bagi setiap muslim untuk memenuhi panggilan berqurban. Padahal secara
hermeneutis, ketetapan Tuhan tentang qurban (Qs. al Kautsar, 1-2) memiliki arti
transformatif saat dibaca dengan referensi setting personal, sosio-kultural dan
berbagai konteks hidup dan kehidupan ummat.
Syari’at qurban diadopsi dari Nabi Ibrahim. Di masa itu
masyarakat bercorak pastoralis, karena itu investasi dan komoditas yang paling berharga
adalah pemeliharaan binatang ternak, sehingga pemberian makanan berupa daging merupakan pengorbanan
bernilai tinggi. Demikian pula pada era Nabi Muhammad Saw. Maka tentu saja,
yang berlaku adalah subyektivitas yang disesuaikan dengan kebutuhan zamannya,
sehingga qurban
berbentuk hewan ternak merupakan manifestasi solidaritas tertinggi. Tetapi dalam konteks
sosio-kultur masyarakat Indonesia sekarang ini, hewan ternak bukan lagi sesuatu
yang sangat berharga, sehingga pemberian daging qurban menjadi sesuatu yang
biasa-biasa saja.
Kondisi seperti ini menuntut adanya penterjemahan ulang
(reinterpretasi) makna qurban yang lebih kondusif dan konstekstual dengan
perkembangan zaman. Sebab, hanya dengan cara ini refleksi komitmen sosial yang
hendak dibangun melalui qurban akan dapat memenuhi makna luhur ibadah qurban,
yakni terdistribusikannya nilai-nilai kemanusiaan secara universal.
Oleh karena itu marilah kita renungkan kembali makna Idul Adha
yang juga disebut Idul Qurban. Dalam bahasa Arab, qurban berasal dari
kata qaraba, seakar dengan kata ’karib’ dalam bahasa Indonesia,
yang berarti dekat. Karenanya, dalam konteks Idul Adha, pesan yang sangat
mendasar adalah bahwa agar manusia tidak sesat dalam perjalanan hidup menuju
ridha Tuhan, maka harus selalu menjalin kedekatan dengan-Nya dan merasakan
kebersamaan dengan-Nya setiap saat. Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji’ûn.
Kita semua milik-Nya, dari-Nya kita berasal, dan kepada-Nya kita kembali (Qs.
al Baqarah, 156).
Tetapi karena manusia mudah sekali terpedaya oleh
kenikmatan sesaat, maka Allah memberi metode dan bimbingan untuk selalu melihat
kompas kehidupan, berupa shalat. Karena itulah seruan shalat pun diawali
dengan Allâhu Akbar, begitu pula yang diserukan pada Idul Fitri dan
Idul Adha. Bahkan dalam adegan shalat pun kata yang paling banyak diucapkan
adalah Allâhu Akbar. Ini mengandung pelajaran bahwa kita harus selalu
sadar bahwa prestasi apapun yang kita raih, harta yang kita miliki, jabatan
yang kita pangku, semuanya kecil di hadapan Allah. Bahkan semua itu baru
bermakna bila berfungsi meningkatkan kedekatan kita kepada-Nya. Kesadaran ini
diharapkan dapat mengurangi keangkuhan diri, dan menjadi penghancur ’berhala’
hawa nafsu.
Bahkan secara sangat dramatis penghancuran berhala hawa nafsu
tersebut dicontohkan dalam drama penyembelihan Nabi Ibrahim terhadap putranya
sendiri, Ismail. Secara fisik, memang peristiwa itu tidak jadi dilakukan,
karena posisi Ismail digantikan dengan hewan ternak. Namun secara
mental-spiritual perintah Tuhan telah siap dijalankan oleh Ibrahim, Ismail, dan
Hajar -sang istri.
Peristiwa ini juga mengandung pelajaran bagi para pemimpin.
Berhati-hatilah terhadap godaan anak. Anak adalah simbol dan obyek kecintaan
pada duniawi. Demi anak, orang tua mau berkorban apa saja untuk
menggembirakannya. Namun jika tidak hati-hati, seorang pemimpin bisa jatuh
karena kecintaan yang berlebihan pada anaknya, sehingga bisa mengalahkan
cintanya pada Tuhan dan nasib rakyat.
Ibrahim adalah sosok pemimpin, sehingga pesan Tuhan kepada
Ibrahim sesungguhnya berlaku pula untuk kita. Kalau cinta kita pada Ismail,
yaitu anak-anak kita sendiri, sampai melupakan cinta kita pada Tuhan dan fakir
miskin, maka negara ini tak lama lagi akan hancur. Sesungguhnya cinta pada anak
adalah proyeksi nafsu dan ego kita yang tidak hanya terarahkan pada anak,
tetapi pada materi, jabatan, dan popularitas.
Jadi ”egoisme perusak” yang harus disembelih, dan ‘berhala’ hawa nafsu yang
harus dikorbankan. Inilah spirit dan pesan ibadah qurban, yang harus
diterjemahkan dan diwujudkan dalam amal nyata, terutama berupa santunan yang
benar-benar diperlukan oleh mereka yang tergolong dhu’afa, tertindas dan
bernasib malang. Sebab, yang dilihat oleh Allah bukanlah wujud pemberian
dagingnya, melainkan ketaqwaannya.
Sayangnya, masih banyak orang menyembelih hewan qurban hanya
karena ini bagian dari doktrin keagamaan. Bahkan sebagian orang dengan
menyembelih domba atau sapi seakan di tangannya sudah tergenggam tiket masuk
surga.
Oleh karena itulah hakikat ibadah qurban perlu kita pahami
secara mendalam. Jangan sampai kita merasa telah beragama, padahal yang terjadi
justru mendustakan agama. Na’ûdzu billâhi min dzâlik.***
Jombang,
19 November 2012
Oleh
H. Asmuni Syukir
***Majelis
Ta’lim & Bengkel Hati Al-Qolam***&&&&
ARTI, MAKNA & HAKEKAT IDUL QURBAN
Banyak ulama yang mencoba membaca
arti, makna, dan hakikat idul adha qurban, namun tak banyak yang menyuguhkan
tafsir idul adha qurban yang komprehensif sehingga menjadi satu nilai
pembelajaran dari peristiwa penyembelihan qurban oleh Nabi Ibrahim kepada
anaknya, Nabi Ismail. Hampir semua media online Islam sebatas menjelaskan arti, makna dan hakikat idul adha qurban sebagai
bentuk keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah.
Selain makna idul adha qurban itu, sepertinya agak susah mencari arti dan hakikat ibadah idul adha qurban yang paling mendasar, mengakar, dan mendalam agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, redaksi Islamcendekia.com mencoba melakukan penelusuran akademis berbasis tasawuf untuk mendapatkan arti, makna, dan hakikat ibadah idul adha qurban.
Sejarah qurban idul adha
Sejarah qurban idul adha dijelaskan secara singkat dan jelas dalam Al Quran surat As Shoffat ayat 102. Dalam QS AS Shoffat tersebut bisa diceritakan sejarah qurban adalah sebagai berikut. Saat Ismail berusia remaja, ayahnya Ibrahim memanggil Ismail (anak Ibrahim) untuk mendiskusikan sesuatu.
Ibrahim menceritakan kepada Ismail bahwa Ibrahim telah mendapatkan perintah dari Allah melalui mimpi untuk menyembelih Ismail. Dari sini, Ibrahim menanyakan kepada Ismail: "Bagaimana menurutmu, wahai Ismail?"
Lantas, Ismail menjawab: "Wahai ayah, laksanakan perintah Allah yang dimandatkan untukmu. Saya akan sabar dan ikhlas atas segala yang diperintahkan Allah," ujar Ismail kepada ayahnya, Ibrahim. Dalam hal ini, Ibrahim mengkonfirmasikan mimpinya jangan-jangan mimpinya datang dari setan.
Ternyata tidak, Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah sebanyak 3 (tiga) kali melalui mimpi. Setelah mendapatkan petunjuk dan yakin bahwa itu adalah perintah Allah, maka Ibrahim dengan ikhlas akan menyembelih puteranya sendiri, yaitu Ismail.
Setelah Ibrahim dan Ismail kedua-duanya ikhlas untuk menjalankan perintah Allah, ternyata Allah mengganti Ismail menjadi domba. Dari peristiwa ini, sudah mulai bisa diketahui arti, makna, dan hakikat idul adha qurban. Peristiwa ini kemudian dijadikan sebagai hari raya umat Islam selain hari raya idul fitri.
Arti qurban idul adha
Arti kata idul adha qurban ada dua makna. Pertama, arti qurban adalah dekat yang diambil dari bahasa Arab Qarib. Pandangan umum mengatakan bahwa qurban adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Kedua, arti qurban adalah udhhiyah atau bisa dikatakan dhahiyyah yang artinya adalah hewan sembelihan. Dari arti makna qurban ini, maka menjadi tradisi sebagaimana lazim dilakukan umat muslim di dunia untuk menyembelih hewan dengan cara kurban atau mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan sosial.
"Tradisi kurban dalam hari raya idul adha memiliki dua dimensi. Pertama, makna qurban memiliki dimensi ibadah-spiritual. Kedua, makna qurban punya dimensi sosial," ujar Lismanto, pencetus teori aktualisasi syariat (dalam Hukum Islam Progresif, 2014) saat dihubungi Islamcendekia.com via telepon.
Dimensi ibadah dalam tradisi qurban, lanjut Lismanto, sudah jelas menjadi bentuk ketaatan hamba kepada Tuhannya. Ketaatan itu harus dilandasi dengan rasa ikhlas sepenuhnya, sehingga kita menjadi dekat dengan Allah. Hal inilah yang dimaksud qurban dalam pengertian ibadah, yakni qarib.
Selain makna idul adha qurban itu, sepertinya agak susah mencari arti dan hakikat ibadah idul adha qurban yang paling mendasar, mengakar, dan mendalam agar bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, redaksi Islamcendekia.com mencoba melakukan penelusuran akademis berbasis tasawuf untuk mendapatkan arti, makna, dan hakikat ibadah idul adha qurban.
Sejarah qurban idul adha
Sejarah qurban idul adha dijelaskan secara singkat dan jelas dalam Al Quran surat As Shoffat ayat 102. Dalam QS AS Shoffat tersebut bisa diceritakan sejarah qurban adalah sebagai berikut. Saat Ismail berusia remaja, ayahnya Ibrahim memanggil Ismail (anak Ibrahim) untuk mendiskusikan sesuatu.
Ibrahim menceritakan kepada Ismail bahwa Ibrahim telah mendapatkan perintah dari Allah melalui mimpi untuk menyembelih Ismail. Dari sini, Ibrahim menanyakan kepada Ismail: "Bagaimana menurutmu, wahai Ismail?"
Lantas, Ismail menjawab: "Wahai ayah, laksanakan perintah Allah yang dimandatkan untukmu. Saya akan sabar dan ikhlas atas segala yang diperintahkan Allah," ujar Ismail kepada ayahnya, Ibrahim. Dalam hal ini, Ibrahim mengkonfirmasikan mimpinya jangan-jangan mimpinya datang dari setan.
Ternyata tidak, Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah sebanyak 3 (tiga) kali melalui mimpi. Setelah mendapatkan petunjuk dan yakin bahwa itu adalah perintah Allah, maka Ibrahim dengan ikhlas akan menyembelih puteranya sendiri, yaitu Ismail.
Setelah Ibrahim dan Ismail kedua-duanya ikhlas untuk menjalankan perintah Allah, ternyata Allah mengganti Ismail menjadi domba. Dari peristiwa ini, sudah mulai bisa diketahui arti, makna, dan hakikat idul adha qurban. Peristiwa ini kemudian dijadikan sebagai hari raya umat Islam selain hari raya idul fitri.
Arti qurban idul adha
Arti kata idul adha qurban ada dua makna. Pertama, arti qurban adalah dekat yang diambil dari bahasa Arab Qarib. Pandangan umum mengatakan bahwa qurban adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Kedua, arti qurban adalah udhhiyah atau bisa dikatakan dhahiyyah yang artinya adalah hewan sembelihan. Dari arti makna qurban ini, maka menjadi tradisi sebagaimana lazim dilakukan umat muslim di dunia untuk menyembelih hewan dengan cara kurban atau mengorbankan hewan yang menjadi sebagian hartanya untuk kegiatan sosial.
"Tradisi kurban dalam hari raya idul adha memiliki dua dimensi. Pertama, makna qurban memiliki dimensi ibadah-spiritual. Kedua, makna qurban punya dimensi sosial," ujar Lismanto, pencetus teori aktualisasi syariat (dalam Hukum Islam Progresif, 2014) saat dihubungi Islamcendekia.com via telepon.
Dimensi ibadah dalam tradisi qurban, lanjut Lismanto, sudah jelas menjadi bentuk ketaatan hamba kepada Tuhannya. Ketaatan itu harus dilandasi dengan rasa ikhlas sepenuhnya, sehingga kita menjadi dekat dengan Allah. Hal inilah yang dimaksud qurban dalam pengertian ibadah, yakni qarib.
Sementara itu, tutur Lismanto, dimensi
sosial dalam tradisi qurban sudah bisa dibaca dengan kasat mata bahwa ibadah
qurban memberikan kesejahteraan kepada lingkungan sosial berupa daging kurban
yang notabene hanya bisa dijangkau kalangan elite. "Ini berlaku di desa,
bukan di kota-kota yang memang sudah terbiasa makan daging. Dengan qurban dari
perspektif sosial, ini menjadi bagian dari ketakwaan kita kepada Allah secara
horizontal," imbuh Lismanto.
"Jadi, Allah selalu memerintah hamba-Nya untuk selalu mengharmonisasikan antara ibadah vertikal (hablum minallah) dan ibadah horizontal (hablum minannas). Keduanya berjalan beriringan tanpa ada sekat dan harus senantiasa berdialektika," tutur Lismanto.
Dari penjelasan tersebut, kita bisa simpulkan bahwa arti qurban dalam tradisi idul adha memiliki dua makna. Makna pertama merujuk pada kata qarib yang identik pada ibadah vertikal, dan arti qurban kedua merujuk pada makna kata udhhiyah atau dhahiyyah yang dilekatkan pada ibadah horizontal.
Kurban idul adha diambil dari bahasa Arab, yaitu qaruba, yaqrabu, dan qurban wa qurbaanan di mana artinya adalah mendekati atau menghampiri. Sementara itu, arti kata qurban secara harfiah berarti hewan sembelihan yang diambil dari kata udhhiyah atau dhahiyyah.
Makna qurban idul adha
Makna dan arti adalah dua kata yang bisa jadi berbeda. Arti lebih kepada arti secara eksplisit atau kasat mata. Sementara itu, makna mengharuskan sebuah tafsir yang mendalam atas suatu teks. Dari sini makna qurban dalam tradisi idul adha dimaknai lebih dalam sebagai sebuah bentuk ketakwaan kita kepada Allah.
Makna qurban dalam idul adha adalah bahwa kita harus ikhlas dalam menjalankan cobaan dari Allah. Kata lainnya adalah saat kita "disembelih" Allah, maka ikhlaslah dan bertawakal sehingga dengan keikhlasan itu kita akan mendapatkan "domba" sebagai penggantinya.
Sayangnya, saat kita menjadi bagian dari sembelihan Allah, kemungkinan kita tidak ikhlas dan berat sehingga tentu kita tidak mendapatkan gantinya berupa domba. Oleh karena itu, atas segala sesuatu yang terjadi kepada kita karena cobaan dari Allah, kita mesti ikhlas menjalaninya.
Muhammad Ainun Najib atau yang lebih akrab disapa Cak Nun dalam hal quran idul adha, menjelaskan, kalau kita sedang "disembelih" Allah, maka kita harus ikhlas dan tulus agar kita mendapatkan domba sebagaimana Ibrahim menyembelih Ismail. Masalahnya, kita seringkali tidak ikhlas saat disembelih Allah. Inilah hal yang paling berat, yaitu ikhlas dan tulus. Demikian arti dan makna qurban dalam idul adha menurut Emha (Muhammad) Ainun Najib (Cak Nun).
Hakikat qurban idul adha
Hakikat qurban idul adha adalah bahwa kita harus kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah. Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan, kecuali untuk beribadah.
Sebagaimana ujian Allah kepada nabi Ibrahim, hikmah dari segala peistiwa qurban tidak lain tidak bukan adalah untuk memperoleh ridha Allah melalui ibadah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah. Namun, tidak sekadar ibadah, kita harus ikhlas dalam menjalankan setiap perintah Allah. Kalau tidak, apa yang kita kerjakan dan menurut kita ibadah, itu menjadi sia-sia karena tidak dilakukan dengan ikhlas. Inilah hakikat dari peristiwa qurban dalam idul adha.
Serbagaimana arti kata qurban yang bermakna qarib atau dekat kepada Allah, maka hakikat kurban adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Karena itu, makna qurban dalam pengertian Islam adalah bentuk pendekatan diri kita kepada Allah melalui lantaran hewan ternak yang dikurbankan atau disembelih.
Dengan begitu, kita merelakan sebagian harta kita yang sebetulnya milik Allah untuk orang lain. Ini menjadi bagian dari ketaatan kita kepada Allah. Syaratnya, dalam qurban kita harus benar-benar untuk mencari ridha Allah, bukan untuk yang lain. Inilah hakikat qurban dalam Islam yang sebenarnya.
Demikian arti, makna dan hakikat qurban idul adha dalam tradisi Islam yang dibangun sejak sepeninggal Nabi Ibrahim sampai sekarang. Semoga artikel tentang arti makna dan hakikat qurban idul adha dalam Islam memberikan manfaat nyata kepada pembaca untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Ditulis oleh Prabu Jayanegara dari hasil wawancara dengan Lismanto, SHI.
"Jadi, Allah selalu memerintah hamba-Nya untuk selalu mengharmonisasikan antara ibadah vertikal (hablum minallah) dan ibadah horizontal (hablum minannas). Keduanya berjalan beriringan tanpa ada sekat dan harus senantiasa berdialektika," tutur Lismanto.
Dari penjelasan tersebut, kita bisa simpulkan bahwa arti qurban dalam tradisi idul adha memiliki dua makna. Makna pertama merujuk pada kata qarib yang identik pada ibadah vertikal, dan arti qurban kedua merujuk pada makna kata udhhiyah atau dhahiyyah yang dilekatkan pada ibadah horizontal.
Kurban idul adha diambil dari bahasa Arab, yaitu qaruba, yaqrabu, dan qurban wa qurbaanan di mana artinya adalah mendekati atau menghampiri. Sementara itu, arti kata qurban secara harfiah berarti hewan sembelihan yang diambil dari kata udhhiyah atau dhahiyyah.
Makna qurban idul adha
Makna dan arti adalah dua kata yang bisa jadi berbeda. Arti lebih kepada arti secara eksplisit atau kasat mata. Sementara itu, makna mengharuskan sebuah tafsir yang mendalam atas suatu teks. Dari sini makna qurban dalam tradisi idul adha dimaknai lebih dalam sebagai sebuah bentuk ketakwaan kita kepada Allah.
Makna qurban dalam idul adha adalah bahwa kita harus ikhlas dalam menjalankan cobaan dari Allah. Kata lainnya adalah saat kita "disembelih" Allah, maka ikhlaslah dan bertawakal sehingga dengan keikhlasan itu kita akan mendapatkan "domba" sebagai penggantinya.
Sayangnya, saat kita menjadi bagian dari sembelihan Allah, kemungkinan kita tidak ikhlas dan berat sehingga tentu kita tidak mendapatkan gantinya berupa domba. Oleh karena itu, atas segala sesuatu yang terjadi kepada kita karena cobaan dari Allah, kita mesti ikhlas menjalaninya.
Muhammad Ainun Najib atau yang lebih akrab disapa Cak Nun dalam hal quran idul adha, menjelaskan, kalau kita sedang "disembelih" Allah, maka kita harus ikhlas dan tulus agar kita mendapatkan domba sebagaimana Ibrahim menyembelih Ismail. Masalahnya, kita seringkali tidak ikhlas saat disembelih Allah. Inilah hal yang paling berat, yaitu ikhlas dan tulus. Demikian arti dan makna qurban dalam idul adha menurut Emha (Muhammad) Ainun Najib (Cak Nun).
Hakikat qurban idul adha
Hakikat qurban idul adha adalah bahwa kita harus kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah. Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan, kecuali untuk beribadah.
Sebagaimana ujian Allah kepada nabi Ibrahim, hikmah dari segala peistiwa qurban tidak lain tidak bukan adalah untuk memperoleh ridha Allah melalui ibadah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah Allah. Namun, tidak sekadar ibadah, kita harus ikhlas dalam menjalankan setiap perintah Allah. Kalau tidak, apa yang kita kerjakan dan menurut kita ibadah, itu menjadi sia-sia karena tidak dilakukan dengan ikhlas. Inilah hakikat dari peristiwa qurban dalam idul adha.
Serbagaimana arti kata qurban yang bermakna qarib atau dekat kepada Allah, maka hakikat kurban adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Karena itu, makna qurban dalam pengertian Islam adalah bentuk pendekatan diri kita kepada Allah melalui lantaran hewan ternak yang dikurbankan atau disembelih.
Dengan begitu, kita merelakan sebagian harta kita yang sebetulnya milik Allah untuk orang lain. Ini menjadi bagian dari ketaatan kita kepada Allah. Syaratnya, dalam qurban kita harus benar-benar untuk mencari ridha Allah, bukan untuk yang lain. Inilah hakikat qurban dalam Islam yang sebenarnya.
Demikian arti, makna dan hakikat qurban idul adha dalam tradisi Islam yang dibangun sejak sepeninggal Nabi Ibrahim sampai sekarang. Semoga artikel tentang arti makna dan hakikat qurban idul adha dalam Islam memberikan manfaat nyata kepada pembaca untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Ditulis oleh Prabu Jayanegara dari hasil wawancara dengan Lismanto, SHI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar