Selasa, 09 Oktober 2018

Jamu Jati Kendi : Rahasia Umur Panjang dengan Sehat dan Bahagia.

Suatu ketika, saat sedang jalan pagi di Alkid (Alun2 Kidul Yogyakarta), saya tertarik melihat sepasang lansia yang terlihat enerjik sedang senam ringan di dekat ringin kurung.
Wajahnya tidak mengguratkan ketuaan dan keletihan, tetapi selalu dihiasi senyuman. Nampak mereka merupakan pasangan yang bahagia.

Saat mereka selesai senam saya mendekat, memperkenalkan diri. Saya terkejut, ketika tahu mereka telah berusia di atas 70, yang Perempuan 75 tahun, sedang Pasangannya akan memasuki usia 80 tahun. Kemudian, iseng2 saya tanya apa resepnya kok nampak bugar, dan kelihatan lebih muda dari usia sesungguhnya ?.

"Ah, gak ada resep khusus kok nak. Jalanilah hidup ini mengalir apa adanya. Tapi, kami memang Rajin Minum Jamu Jati Kendi", si Bapak menjawab sambil tersenyum.
"Jamu Jati Kendi ? Kok saya baru dengar nama itu, apa  racikannya ? Bolehkah saya diberi tahu di mana saya bisa membelinya ?

Bapak itu kembali tersenyum,
"Ini bukan jamu sembarang jamu, tetapi memang amat sangat menyehatkan dan membahagiakan..."

Saya makin tertarik untuk mengetahui lebih lanjut.  Melihat saya bengong, Bapak itu kemudian menjelaskan
"Sebenarnya bukan Jamu dalam arti harfiah, tetapi Jamu "batin" dan "hati. Begini lho maksudnya ....

JAMU = Jaga Mulutmu.  Maksudnya, mulut dijaga agar tidak keluarkan kata² yang tidak pantas. Selain itu, agar menjaga mulut untuk tidak makan sembarang makanan. Makanlah makanan yang berguna bagi tubuh. Dan makan secukupnya, sesuai kebutuhan dan jangan terlalu kenyang.

JATI = Jagalah Hati.  Maksudnya, isilah hati dengan perasaan yang positif dan selalu bersyukur terhadap yang sudah dimiliki, juga tidak perlu kecewa dengan yang belum diperoleh. Jangan sampai hati  dipenuhi dengan Rasa Iri, Dengki, Benci, Dendam, Jahil, Gibah, Fitnah dan segala yang dapat menyakiti orang lain.

KENDI" = Kendalikan Diri.  Maksudnya, Hiduplah secara normal, Istirahat yang cukup, serta jangan lupa Olah Raga, yang sesuai dengan Usia. Kendalikan Emosi dan Keinginan² yang bukan merupakan kebutuhan. Buang jauh² ambisi yang tidak terukur...

Jadi, Jamu Jati Kendi  itu Gratis, Mudah Didapat. Oleh sebab itu, mulailah mencobanya dengan "Minum":-: Setiap Hari ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar