Senin, 22 Januari 2024

Empat Mutiara Berharga dan Akan Hilang Karena 4 Sebab

Dalam kitab Ihya Ulumuddin, Imam Al-Ghazali mengutip sebuah hadis yang berbunyi:

Rasulullah Saw bersabda: "Ada empat mutiara dalam diri manusia, yang akan hilang karena empat sebab...
Empat mutiara tersebut adalah: (1) akal, (2) agama, (3) rasa malu, dan (4) amal shaleh.
Keempatnya bisa hilang karena empat sebab, yaitu: (1) marah, (2) dengki, (3) tamak, dan (4) Ghibah."
*****
Empat mutiara/perkara paling berharga yang diberikan Allah kepada diri manusia tersebut adalah:
1. Al-aqlu atau AKAL.
Akal adalah instrumen pada diri manusia yang berfungsi untuk berfikir, mengingat dan memahami suatu fenomena, kejadian atau persoalan. Dengan akal hidup manusia bisa menjadi lebih mudah. Dan dengan akal pula maka manusia bisa berfikir dan memahami "Kenapa kita hidup."
b. Ad-diin atau AGAMA.
Dimasukkan oleh Allah ke dalam diri manusia itu agama, sehingga manusia bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk. Dan dengan agama maka hidup bisa bermakna dan indah, berdampingan dengan sesama manusia dan mahluk lain dengan.
c. Al-hayaa’u atau RASA MALU.
Allah memasukkan ke dalam diri manusia itu rasa malu, yang tidak diberikan kepada mahluk Allah lainnya seperti iblis dan binatang. Dengan rasa malu itulah membuat manusia bisa mempunyai harga diri dan kemuliaan.
d. Al-amalush shaalih, yakni AMAL SHALIH.
Amal shaleh adalah bekal yang akan dibawa manusia ketika kembali kepada Sang Peciptanya, Allah Azza Wazalla nanti di Yaumil Akhir. Dengan amal soleh itu manusia bisa kembali kepada Sang Penciptanya di surga yang indah dengan rasa bahagia.
***** *****
Empat Sebab Penghilang Mutiara Berharga.
Empat mutiara berharga yg diberikan oleh Allah kepada diri manusia itu bisa hilang dengan empat sebab:
1. Akal akan hilang disebabkan MARAH.
Apabila seseorang sedang dikuasai oleh nafsu amarah maka akal fikirannya akan terganggu, sehingga ia tidak lagi bisa berfikir secara jernih.
2. Agama akan hilang disebabkan DENGKI.
Iri-dengki atau hasad/hasud adalah sifat dan perbuatan manusia yang tidak suka atas kebaikan orang lain dan ia berusaha untuk merugikannya. Ungkapan yang populer bilang: "Senang kalo orang lain susah, dan sedih bila orang lain senang"
3. Malu akan hilang disebabkan TAMAK.
Tamak atau serakah adalah salah satu ciri manusia yang tidak punya sikap adil, tidak punya rasa kepedulian, dan cinta dunia (hubbud dun ya). Orang yang serakah rasa malunya akan hilang.
4. Amal Soleh akan hilang disebabkan suka menceritakan keburukan orang lain (GHIBAH).
Ghibah adalah membicarakan aib orang lain dengan tujuan buruk untuk menjatuhkan nama baik dan harga diri orang yang dibicarakan.
Keempat perkara yang menghilangkan mutiara itu adalah PENYAKIT HATI (Qalbun Marid).
***** *****
Bila seseorang sudah terjangkiti penyakit hati maka hidupnya tidak akan tentram dan bahagia, baik di dunia maupun di akhirat.
Rasulullah bersabda:
"Ala wa inna fil-jasadi mudhgah # Idza shaluhat shaluhal jasadu kulluhu # Wa idza fasadat fasadal jasadu kulluhu # Ala wa hiyal-qalbu.”
Yang artinya: “Sesungguhnya di dalam duri manusia itu terdapat segumpal darah. Jika ia baik maka baik (pula) seluruh tubuh. Dan bila ia rusak (sakit), maka rusak pula seluruh tubuh. Ketahuilah, ia adalah hati.”. (HR. Bukhari dan Imam Muslim).
Adapun cara untuk membersihkan atau membebaskan diri dari penyakit hati, para ulama memberikan tips yaitu PuSeSed.DuDzi.
a. Puasa
b. Sedekah
c. Sederhana (zuhud)
d. Dhuafa
e. Dzikrullah (mengingat Allah)
****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar